Tuesday 16 September 2014

Eny Depresi Karena Ditinggal Nikah?

Saya ditelfon sekitar jam sembilan malam oleh temen yang entah kesambet apa tumben nelfon, cuma buat nanyain apa saya baik-baik saja. Biasanya nelfon juga urusan kerjaan aja dan paling malem juga jam delapan malam. Trus biasanya juga langsung nanyain soal kerjaan ga pake basa-basi. Malam itu, bukannya nanyain kerjaan malah nanyain keadaan saya, lagi nangis apa ga, trus cerita lucu-lucu sampai saya ketawa-ketawa. Saya yang lagi migrain malam itu langsung khawatir, jangan-jangan ni orang kesambet atau salah makan atau kepalanya habis kebentur apa gitu kok tiba-tiba nelfon aneh begini. Waktu saya tanya ada apa, dia jawab apa coba? Katanya dia khawatir saya bakal duduk sendirian di pojokan sambil nangis ngabisin tisu.

Beberapa hari kemudian, ada teman lain nanya, “mana tulisan patah hatinya? Kan lagi patah hati kan karena ditinggal nikah?” Saya kaget dong, tapi ga kaget-kaget amat, lagian ni yang nanya juga emang hobi ngisengin saya. Berhubung saya iseng juga, saya jawab, “iya ni, kayak kata si *****, katanya saya sakit hati.” Trus berniat dalam hati mau bikin tulisan yang drama banget soal patah hati, kalo perlu bikin cerpen yang cetar membahana menguras air mata. Tapi ga kesampaian sih soalnya setelah saya pikir-pikir, tulisan model begitu meskipun iseng, bakal bikin image saya sebagai anak yang cerah ceria sepanjang masa jadi ancur. Trus bakal diledekin seumur jagung ama dua orang paling iseng di kantor dan bakal dibilang bego ama orang paling sengak di kantor. But they really are good friends.

Lha cerita apa sih ini? 
Ya, sesuai judulnya, saya ditinggal nikah. Bukan ama pacar, bukan pula tunangan. Ini temen saya yang nikah, temen baik lah, BFF gitu (BFF : Best Friend Forever). *maaf, yang ini memang sengaja dilebih-lebihkan*

Saya ga ngerti juga sih gimana awal ceritanya kenapa saya bisa digosipkan segini hebohnya, persis hebohnya dengan waktu senior nikah. Malah waktu senior nikah, yang nanyain saya sakit hati apa ga sampai bapak-bapak dan ibu-ibu di kantor kabupaten lain dan kantor provinsi. Tapi saya rasa agak wajar kenapa heboh, soalnya dulu kami sekantor, cuma kami berdua yang masih lajang, soal kerjaan, kadang gantian bantuin, jadi semua orang sibuk ngarep kami jadian. Yah, padahal jangankan jadian, jalan bareng aja ga ada. Trus kejadian yang sekarang, ga ada alasan banget sih buat nggosipin sebenernya, kami aja beda kantor, jarang ketemu, tapi emang sih kalo orang masih status lajang itu paling nggemesin ya. Tu buktinya pada gemes nggosipin sampai pada ga mikirin perasaan yang digosipin. Padahal, kalo keseringan digosipin, yang awalnya ga ada rasa apa-apa, bisa jadi ada rasa lain lho. *ini serius*

Trus gimana cerita depresinya? 
Ga ada cerita depresi, cuma sedih aja. Saya ga ngerti juga kenapa sedih, tapi setelah ditanya-tanya seseorang yang nelfon malem-malem itu, saya jadi paham. Dia ngelempar beberapa pertanyaan dan pernyataan waktu lihat saya kayak orang bingung. Beberapa di antaranya ini, ‘kamu sedih, sedih kenapa, emang kalian pacaran? Enggak kan, jadi alasan sedih apa? Ga ada deh alasan buat sedih. Dasar bego’. Iya, dia bilang saya bego. Tapi untung dia bilang saya bego, jadi saya langsung mikir, kenapa saya dibilang bego padahal saya ini anak emak saya yang paling pinter. Setelah diledekin beberapa kali ama temen saya yang tiba-tiba perhatian ini, saya tahu kenapa saya sedih. Sedihnya tu, ga bakal bisa godain gangguin dia lagi, kan kalo ketahuan istrinya, saya bisa dikira cewek apaan gangguin suami orang. Kalo diumpamakan, rasanya itu kayak anak-anak kehilangan mainan biasanya ada sandwich tiap pagi, tahu-tahu sandwich-nya ilang dan cuma ada air putih. Jadi laper dong, ga ada sarapan. Atau gini, biasanya ada nata de coco buat nemenin ngetik-ngetik, tahu-tahu tinggal gelas kosong dan ga ada apa-apa di kulkas. Ih ini perumpamaan kok ga ada yang bener ya. Ya, pokoknya itulah, yang jelas, saya malah seneng pas dapat undangan, pas lihat dia ama istrinya dan lebih seneng lagi waktu mbayangin mereka bakal gendong anak. *ini jujur*

Ga seru ih ga ada cerita patah hati. 
Ya itu bukan masalah saya, lagian siapa suruh ngarep orang patah hati? Seneng ya kalo lihat orang sedih?

2 comments: