Friday 29 August 2014

Homoeopathy, Bukan 'Homo' Yang Lain

Sebenernya sudah lama pengen nulis soal Homoeopathy ini, tapi apa daya, saya sedang dihimpit kanan kiri oleh kerjaan yang ternyata sempat bikin saya linglung dan pelupa banget kayak orang amnesia. Akhirnya sering dinasihati oleh temen-temen yang ngerasa risih dan kasihan atau mungkin kesal karena saya sering ga nyambung kalo diajak ngobrol. Padahal saya ngerasa biasa aja sih, cuma kadang ngerasa pengen kabur aja dari kota ini. *stress ga nyadar yak, hehe...*


gambar pinjam di sini
Masih berhubungan dengan cerita telinga saya yang infeksi ini yang ternyata masih berlanjut. Sering kambuh dan kalau kambuh, rasanya ituuu... berdenging, berdenyut, ngilu, sakit kepala, dan sakitnya ituu... sulit dijelaskan pokoknya... Jadi sering bolak-balik ke dokter THT, yang di Jakarta maupun yang di Bungo. Tiap habis diobatin, ya sembuh, tapi satu atau satu setengah bulan kemudian kambuh lagi.
Sampai yang terakhir itu, bulan apa lupa (saya sudah bilang kan tadi kalau saya pelupa banget) yang jelas lepas pertengahan tahun kemarin, telinga kanan berdenging lagi, sampai benar-benar hilang pendengaran. Langsung pergi ke Bungo menemui dokter THT yang ramah dan baik hati itu, yang sayangnya sudah berkeluarga *plak*.

Seperti biasa, telinga dibersihkan dengan alat yang lumayan bikin ngilu. Kata dokternya gini, "saya ga berani bersihin lebih dari ini, takut lecet telinganya". Mendengar itu, saya cuma ber-ooo sambil manyun dan ngeri mikir nasib pendengaran saya. Akhirnya telan ajalah obat yang dikasih sambil berdoa panjang lebar. Dan kisahnya dimulai.

Sekali minum obat, badan saya gemeteran, jantung berdebar-debar ga karuan, dan cuma bisa baring-baring. Saya kira itu efek dari telinga saya, soalnya sakit kali ini benar-benar luar biasa, tiap berdenyut, sakitnya sampai seluruh kepala seperti ditusuk-tusuk, dipukul-pukul, dan rasa ada yang retak. Pokoknya rasa banyak dosa deh sampai dikasih sakit kayak gini... hiks.. Tapi ternyata tiap minum obat gejalanya sama, gemeteran, jantung berdebar-debar, cuma bisa baring. Saya ingat-ingat lagi dong, biasanya tiap mengonsumsi obat dokter, efek yang saya rasakan paling jadi sering haus, lambung sakit karena maag yang suka kambuh kalo kena antibiotik. Jadi kalo dikasih antibiotik, pasti harus minum obat maag juga.

Trus kenapa sekarang efek obatnya lain ya? Saya nanya ke temen yang lumayan sering berobat juga kayak saya, katanya, "mungkin tu obat dosisnya tinggi, jadi jantung ga kuat. Apalagi kalau punya masalah ama jantung, mending minta ganti obat aja ama dokternya". Akhirnya saya berhenti minum obat, dan ga ada masalah gemeteran dan sebagainya itu tapi ya, sakit telinganya itu makin luar biasa. Sampai nangis-nangis pas di kantor, ga bisa apa-apa.

Salah satu temen kantor langsung berinisiatif membawa saya ke Sarolangun, ke pengobatan herbal katanya. Ternyata namanya Homoeopathy ini. Obatnya kayak butiran silikon pengawet sepatu, gambarnya di atas itu. Cara minumnya diisep-isep kayak makan permen. Biar meresap kata bapak yang punya klinik. Obatnya juga sama semua bentuknya, yang bedain tulisan di botol-botolnya itu, jadi kalo udah keluar dari botol, kecampur, ga bakal ketahuan tu obat apaan. Tapi ga tahu juga kalau si Bapak paham.

Cara meriksa sakitnya juga beda, cuma ditanya-tanya rasanya gimana, di sebelah mana, sudah ke dokter berapa kali, telinganya sudah disedot berapa kali, trus disuruh ngisep obatnya. Ga akan diizinin pulang kalau belum ada perubahan rasa di telinga saya. Si bapak yang bernama pak Masrul ini bilang, tulang rawan telinga saya memar. Jadi diobatin kayak apa juga, kalo memarnya ga sembuh, bakal kambuh mulu. Ya, waktu periksa ke dokter juga dibilang memar sih. Jadi, dibawain banyak obat, yang diminumnya bertahap, kalo obat yang sebungkus ini abis, dilanjutin obat kedua, ntar lanjut lagi obat ketiga, sampe abis. Pantangannya jangan lupa, coklat, kopi, semua minumam bersoda, keripik, semua makanan instant, semua makanan dan minuman dingin, semua makanan yang mengandung vetsin, jangan dikonsumsi selama proses pengobatan.

Karena penasaran, saya cari-cari soal Homoeopathy ini. Ternyata pengobatan ini sudah dari jaman sebelum Masehi. Berhubung keterangan-keterangan yang saya temukan pake bahasa asing, saya agak susah paham, hiks... hiks... tapi intinya emang dari bahan-bahan alami dengan dosis rendah dan efek minimal. Mohon maaf kalau kurang memuaskan penjelasannya.

O iya, telinga saya gimana, sembuh ga? Iya, sembuh, berbulan-bulan ga kambuh, tapi setelah kejadian jatuh dari motor dan kepala kebentur, kambuh lagi. Saya ga tahu ada hubungannya apa ga antara kepala kebentur ama kambuhnya telinga tapi kejadiannya pas banget sih. Untungnya ga sakit, cuma berdenging dikit, beberapa hari kemudian sembuh sendiri. Sengaja sih dibiarin soalnya males berobat. #ups

4 comments:

  1. memar lagi kali en bis jatoh....gak therapi lagi? btw suamiku juga suka ngalamin gangguan telinga tapi gak separah kamu sih en, googling dulu nyari tuh pengobatan disini ada gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kali, Wi, memar lagi, tapi alhamdulillaah sekarang ga kambuh-kambuh lagi. Coba tanya-tanya orang, Wi, aku juga tahu dari teman sekantor yang dulu pindahan dari Sarolangun.

      Delete
  2. sarolangun itu daerah mana mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu salah satu kabupaten di provinsi Jambi, Pak. Sekitar 4-5 jam perjalanan dari ibu kota provinsi.

      Delete