Sunday 23 February 2014

Cerita Patah Hati

Iya, bener, ini tentang patah hati karena cinta, karena diputusin, ditinggal pacaran ama orang lain, ditinggal nikah, dan ditinggal yang lain-lain. Tapi bukan saya semua yang ngalamin ya, ini dirangkum dari cerita teman-teman yang sekarang, kemarin, beberapa waktu lalu, bahkan bertahun-tahun lalu mengalami patah hati dan sempat menangis tersedu-sedu. Sampai ada yang frustrasi, gak doyan makan, gak doyan minum, gak doyan mandi, ngurung diri di kamar, update status galau mulu, tiap menit pula tuh, kenapa gak bikin sosmed sendiri sekalian biar gak ganggu timeline orang lain, ada yang sampai curhat ke semua orang, ya maklum, kalo lagi sedih banget, curhat ke satu atau dua orang tu gak cukup ya.

Trus ada yang nyambung, "kamu kan gak pernah patah hati, En, jadi, mana tahu kamu rasanya.
Hellooo, saya juga manusia normal, pernah naksir orang, pernah nganggep tu orang bakal saya sayangi sampe mati, trus ternyata, sama aja kisahnya. Gak kesampaian, karna dia gak tahu kalo ada cewek cakep lagi mandangin dia sambil ngarep si doi nengok trus nyatain cinta, atau tu cowok sempat noleh, sempat ngasih perhatian, eh ternyata dia sukanya ama orang lain, nikah ama orang lain dan cuma nganggep temen.

Hah, gitu doang? Aku ini udah pacaran, En, lima tahun, lama kan? Lha kamu?
Eit, jangan salah, saya gak cerita bukan berarti hidup saya aman lho. Saya juga pernah diajak nikah, dijanjiin hidup bahagia sampe tua, punya anak cucu, punya rumah, ngatur rumah gimana, ntar beli apa aja buat ngisi rumah. Tapi gak jadi kenyataan juga. Malah dicuekin, dikasarin, dianya gak ngomong apa-apa, tahu-tahu udah jalan ama cewek lain. Kurang cukup?

Ah, bohong, mang kapan kamu pacaran? Aku gak pernah lihat kamu jalan ama cowok? (orang kalo patah hati tu emang suka nanya aneh-aneh gini ya)
Nah, mang saya musti pacaran gitu? Lagian kalo saya punya pacar, saya harus jalan-jalan wara wiri berduaan trus pake pamit ama kamu gitu?

Lha kamu sendiri gimana, En? Kalo kamu jadi aku, kamu bakal ngapain?
Saya sih bakal nyari obat nyamuk dan kecoa cair rasa lemon trus campur ama cincau, kasih toppping whip cream ama parutan coklat, keju, meises jangan lupa, trus jadiin cemilan siang bolong semprot tempat-tempat yang jadi sarang nyamuk dan kecoa sampe abis. Kan lumayan tuh, amarah berkurang, nyamuk ama kecoa berkurang.
Kalo belum lega juga, ambil motor, pacu di jalan kenceng-kenceng, cari jalan yang jelek banget, yang tanjakan ama turunan 45 derajat, jalan terus mutar-mutar sampe bensin abis maen ke tempat sodara, teman, atau duduk di pasar, terminal, pokoknya tempat yang rame yang banyak orang berlalu lalang, soalnya kalo ke tempat sepi kemungkinan bakal lihat orang lagi pacaran malah tambah galau. Trus perhatiin deh mereka. Saya sih lebih seneng nongkrong di daerah pasar, banyak yang bisa dilihat di situ. Ada ibu-ibu yang dandan cantik banget lagi belanja macem-macem, tapi ada juga nenek-nenek yang, maaf, lusuh, jalan sambil megang duit ribuan, sambil keliling ke kios-kios, gak tahu mau belanja apa, mungkin pengen beli barang tapi duitnya gak cukup kali ya. Dan emang iya, waktu nenek-nenek ini beli lilin, harganya lebih mahal dari jumlah uang yang dibawanya (saya emang hobi nguping yang beginian).
Coba pikir, apa kamu masih bakal mikirin patah hatimu kalo lihat nenek-nenek ini? Kalo kamu masih ngerasa cerita patah hatimu lebih sedih, kamu gak punya hati.

Trus lihat lagi, ada bapak-bapak bawa mobil, berhenti depan kios, lihat-lihat gordyn (tirai) mahal. Tapi di jalan ada bapak-bapak lagi dorong gerobak yang penuh barang orang, sampe keringetan, mana panas, sampe beberapa kali bapak-bapak ini berhenti buat ngatur napasnya yang tersengal.
Nah, masih ngerasa cerita patah hatimu itu nyakitin? Kalo masih ngerasa lebih nyakitin dari kisah bapak-bapak ini, kamu benar-benar perlu transplantasi hati.

Kalo gak sempat ke pasar gimana? Kan lagi patah hati, mana sanggup keluar kamar?
Ya udah, dalem kamar aja terus sampe kurus kering, sampe lumutan, sampe jadi sarang laba-laba. Yang bener tuh keluar kamar, ngobrol ama orang. Atau kalo bawaannya pengen nangis mulu, ini buat yang agamanya Islam, ambil air wudhu, sholat, ngadu ama Alloh, doa si doi putus trus ngajak kamu balikan yang bagus-bagus, doain si doi nyadar, kalo udah nyakitin kamu dan semoga dia gak nyakitin orang yang lagi ama dia sekarang. Doa juga semoga kamu dapat ganti yang lebih baik, bisa jadi pendamping dunia akhirat.

Kalo gak ilang-ilang juga sedihnya?
Ya wajar, namanya aja patah hati, sakitnya bisa berhari-hari. Gak pa pa, nikmatin aja. Manusiawi kok. Pernah tahu gak ada pepatah gini --> There are two types of Pain in this world: Pain that hurts you & Pain that changes you.
Artinya kurang lebih gini, ada dua macam rasa sakit, yang menyakitimu dan yang mengubahmu. Ini pilihan, kamu bakal njadiin sakit karena patah hati ini jadi sesuatu yang nyakitin kamu atau malah jadi sesuatu yang bikin kamu berubah.
  1. Berubah jadi dewasa, karena tahu disakiti itu gak enak, jadinya kamu hati-hati biar gak nyakitin orang.
  2. Berubah jadi gak gampang njatuhin hati ke orang, kan udah pernah kecewa, masa' mau diulangi lagi, kan jadinya mikirnya lebih banyak dong sebelum njatuhin hati lagi.
  3. Berubah jadi penyayang, karena pernah ngerasain sakit hati trus ke pasar atau terminal, lihat orang-orang nasibnya lebih gak beruntung, bikin jadi lebih sering beramal.
  4. Berubah jadi penyair. Eh, bisa juga lho, kan orang yang lagi sakit hati tu, tiba-tiba bisa bikin kata-kata puitis. Coba aja perhatiin, pasti banyak tu status-status puitis karena lagi pada sakit hati.
  5. Berubah jadi blogger, ini sih gue, ngocehnya di blog penasihat buat temen-temen yang pada suka patah hati, labil, atau yang suka mainin perasaan orang.
  6. Berubah jadi lebih cantik, lebih ganteng, lebih pinter, lebih kece, lebih sukses. Niatin aja gini, biar dia nyesel pernah ninggalin kamu, jadi kamu harus berusaha jadi lebih baik, trus kalo dia ngajak balikan, tolak mentah-mentah biar ngerasain sakit juga.*dikeplak rame-rame*
    Terserah sih niatnya apa, yang penting jangan niatan yang saya tulis ini ya...
  7. Masih banyak lagi perubahan ke arah yang lebih baik, terserah kita mau bawa diri kita ini ke mana. Iya kan?
Atau bisa juga rasa sakit bikin kamu berubah jadi pendendam, pembenci, pemurung, pencuriga. Tapi jangan sampai ya, berubah tu ke arah yang lebih baik. Masa' umur nambah, kebaikan gak nambah?

So, buat yang lagi patah hati, tetap semangat ya, hampir semua orang pernah ngalami kok. Yang penting jangan sampe berubah menjadi pemurung dan teman-temannya itu.
Oke, sampai jumpa di ocehan berikutnya.


4 comments:

  1. en, aku laper. tapi gak tahu mau makan apa.

    ReplyDelete
  2. ada benernya juga siih patah hati bikin kita berubah.. tentunya berubah menjadi lebih baik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap, yang penting menyikapinya, makasih udah mampir... :)

      Delete