Monday 21 December 2015

Anggap Saja Saya Gak Ngerti Agama

Saya selalu menolak membahas masalah suku, agama, ras, antargolongan, anatomi (SARA) dan sebagainya di ruang publik. Biasanya, kalau ada ‘teman’ update status yang isinya nyebut-nyebut SARA, yang intinya SARA dia yang paling baik, paling bener, nomor wahid, yang lain salah semua, saya langsung unfollow. Kalau sampai ada yang nyebut-nyebut SARA di komen status saya, saya langsung block, biar sekalian gak bisa add friend lagi. Tapi lama-lama, saya heran, status yang nongol kok orangnya itu-itu aja, dia dia lagi, yang lain pada gak update status ya? Trus baru inget kalo yang lain udah saya unfollow.

Pernah ada salah seorang teman yang nanya,
Temen : “kok aku gak bisa lihat profil kamu?”
Saya : “kan kamu aku block.”
Temen : “hah? Salahku apa?”
Saya : “kamu keseringan update status yang isinya caci-maki US. Pake nyebut kafir.”
Temen : “lho kan emang mereka kafir. Lihat aja presidennya itu malah ndukung Israel.” (waktu itu presiden US masih George W Bush.)
Saya : “yang salah presidennya? Trus warga US yang lain salah apa? Kok kena caci-maki juga?”
Temen : “en, kita kan kalo mau berjihad, kalo gak bisa jihad fisik, kita bantu dengan cara lain.”
Saya : “dengan cara update status caci-maki? Eh, jangan menggeneralisir dong. Kalo ada beberapa orang US yang gak baik, bukan berarti semua warga negara US yang satu benua itu salah semua kan? Sama kayak kalo kamu bandel, bukan berarti seluruh keluargamu bandel juga. Bisa gak sih mikirnya kayak gitu?”
Dan perdebatan panjang berlanjut beberapa kalimat tanya jawab saling membela pendapat masing-masing yang berakhir dengan saya bilang, “pokoknya kalo statusnya masih isi caci-maki, saya gak akan buka block-nya”.

Beberapa waktu kemudian, saya membaca status orang yang dianggap ulama, lagi-lagi nyebut kata kafir. Omigooottt, rasa mau ngeplak tangannya yang udah ngetik status itu. Ini orang-orang gak pernah ya berada di posisi terintimidasi karena SARA? Gak pernah ya dicaci-maki secara terang-terangan di depan muka sendiri tapi gak bisa balik nyaci-maki karena ingat nabi Muhammad gak pernah melawan perlakuan buruk orang lain. Karena ingat, kalo balas caci-maki, cuman bikin agama kita kelihatan makin buruk. Atau memang orang yang ngaku Islam tapi yang suka nyaci-maki itu lagi amnesia, gak inget kalo nabi Muhammad gak pernah nyaci-maki orang, atau emang malah gak pernah baca sejarah Islam yang benar?

Ah, sudahlah, saya bukan ahli agama, bukan mbak-mbak berjilbab lebar yang apal shirah nabawi, apalagi apal hadits-hadits dan perawi-perawinya. Kalo saya nyebut-nyebut kalimat di atas, ntar malah saya dibilang sok tahu, sok paham agama, gak mau ikutan jihad, dan sebagainya.

Jadi, anggap saja saya gak ngerti agama ketika saya merasa kesal baca-baca status orang yang ngaku Islam, isinya nyebut agama lain kafir, kuffar, dan sebagainya.
Anggap saya gak ngerti agama ketika saya unfollow dan block orang-orang yang statusnya bikin saya kesal.
Anggap saya gak ngerti agama ketika saya lebih milih jalan-jalan ama temen-temen yang beragama bukan Islam daripada kumpul ama temen muslim yang suka nyaci-maki agama lain.

Ada lagi yang bikin saya risih, waktu ada yang masuk Islam, rame boookk, dipuji-puji, rame diberitakan, rame share beritanya sana-sini. Trus kalo ada orang yang dulunya Islam masuk agama lain, rame lagi, caci-maki lagi. Ya Allah, kalau saya baca kan, berarti saya ikutan caci-maki. Unfollow beruntun dah, lama-lama kan saya capek kalo kayak gini terus. Kalo prinsip saya ya, orang milih agama itu kan karena dia yakin agama itu yang terbaik. Kalian mau caci-maki kayak apa juga, gak akan goyah, wong udah yakin benar kok. Sama kayak kalian, kalo Islam dicaci-maki, kalian tetep milih Islam kan?

Trus ada yang jawab, “lha kan kita mau ngingetin kalo Islam itu rahmatan lil ‘alamin. Agama yang benar, kita harus ajak mereka ke jalan yang benar.”
Dohh, kan udah saya bilang tadi, mereka juga yakin 100% agamanya paling benar. Mbok logikanya dipake to Nyoyah dan Tuan… Tapi mereka gak ada kan update status caci-maki Islam? Kalopun ada, ya dikit banget yang kayak gitu. Lha ini, katanya Islam rahmatan lil ‘alamin kok pengikutnya banyak yang suka caci-maki. Siapa yang bakal percaya ama Islam kalo begini kondisinya?

Bukan mau sok suci ya, bukan berarti saya gak pernah yang namanya caci-maki. Lho, saya pernah nyaci-maki orang kalo kesal atau dibikin marah, tapi ya saya usahakan caci-makinya japri (langsung ke orangnya) bukan ke status. Soalnya rugi kalo nyetatus, belum tentu orangnya baca, malah orang lain yang ngerasa. Udah pernah kejadian bookk… Kan rempong…. Saya cuma mikir, kita, eh, kalian, yang suka nyaci-maki agama lain itu loh, pernah baca kan kalo Islam juga pernah dicaci-maki di negara lain? Dianggap teroris, gak dilayani di fasilitas publik, dilempari apa aja. Kalian sakit hati, update status membela mereka yang dicaci-maki itu. Oke, bagus, itu namanya solidaritas. Trus, kok kalian di sini malah nyaci-maki agama lain? Lhoh, saya yang bego apa gimana ya? Kalian gak suka agama kalian dicaci-maki kok malah nyaci-maki agama lain? Ini namanya gak suka dicubit tapi suka nyubit orang lain. Oh iya, saya yang bego ya karena mikirin hal gak penting begini? Kalian yang pinter, logikanya itu loh, ngalahin Ibnu Sina dan Thomas Alva Edison.

Ya sudah, anggep aja saya gak ngerti agama udah nulis beginian, udah gak mau ikutan jihad, gak mau ikutan nyaci-maki agama lain, maennya ama orang-orang agama lain mulu pula.

2 comments: