Tuesday 11 February 2014

(Jangan) Tanya Kapan Saya Nikah

Ini bukan catatan patah hati lho. Bukan juga curhatan kesal atau iri. Ini cuma omong-omong tengah malam karena lagi suntuk ama power point dan eneg nyari-nyari data yang diminta atasan. Trus di antara suntuk dan eneg itu, saya ingat pertanyaan banyak orang, saking banyak dan seringnya, sampai saya punya jawaban pamungkas. Soalnya pertanyaannya cuman gini-gini aja, "kapan nikah, En? Kerjaan ada, gaji tetap, tunjangan berlebih. Apalagi yang ditunggu?"

Gambar pinjam di sini
Hmmm, ni orang yang nanya gak sadar apa ya, kalau sebenarnya pertanyaan mereka ini kaya' nuntut yang Maha Pemberi Jodoh buat ngasih saya jodoh cepet-cepet.

Bapak, Ibu, Om, Tante, Kakak, Abang, Mas, Ayuk, Uni, Dek (kalo sampe ada adek-adek yang nanya beginian, saya smprot pake tabung pemadam kebakaran) dengar ya... Jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan itu simpel, sederhana banget, sesederhana saya yang gak pernah pake baju import, sesederhana saya yang gak pernah pake sepatu harga ratusan ribu, sesederhana saya yang makanan favoritnya mie goreng pake telor.

Pertanyaan: "Kapan nikah, En? Kerjaan ada, gaji tetap, tunjangan berlebih? Apalagi yang ditunggu?"
Jawaban saya: "Yang ditunggu ya, yang ngelamar!"

Bener kan jawaban saya? Mang apalagi yang ditunggu? Lagipula, pertanyaan-pertanyaan seperti ini seperti nuntut ke Maha Pemberi Jodoh. Kenapa saya bilang gitu? Karena jodoh kita yang nentuin siapa? Kita mau lari-lari ngejar-ngejar tetangga yang luar biasa charming, kalo gak jodoh, gak bakal jadi. Kita mau deket-deket ama dokter ganteng yang masih single entuh, kalo gak jodoh, juga gak bakal jadi. Kita mau muja-muja senior yang paling cool, yang jadi idaman banyak cewek junior, kalo gak jodoh, gak bakal jadi juga. Kita mau pacaran sampe rela ngabisin duit, kalo gak jodoh, tetep aja bakal jomblo lagi.

Karena lagi-lagi, yang nentuin jodoh itu sudah ada. Kita tinggal jalani aja dunia ini sejauh mungkin, kenalan dengan orang sebanyak mungkin, dan doa jangan lupa dibanyakin. Kalo itu semua sudah dijalani, berarti belum waktunya Alloh ngasih kita ketemu ama jodoh.

Jangan aja yang udah nikah, langsung lomba-lomba ngasih nasihat, "jangan ditunda-tunda nikahnya, nanti pas pensiun anak masih kuliah, kasihan anak. Cepetanlah nikah, ntar diduluin ama si Jadul, si Retro dll."

Nasihat-nasihat klasik begini, ampun deh, saya sih gak ngerti entuh ditunda-tunda nikah maksudnya apa? Buat orang yang pacaran mulu kali ya? Trus nikah kok dulu-duluan? Mangnya nikah itu lomba? *tepok pala pake guling*

Kalo ngasih nasihat itu, Bapak, Ibu, Om, Tante, Kakak, Abang, Mas, Ayuk, Uni, jangan digeneralisir. Cari tahu dulu kenapa ni orang kagak nikah-nikah. Kalo dia gak nikah-nikah karena lebih seneng pacaran atau dilamar orang baik tapi nolak mulu, ya boleh lah dinasihatin jangan ditunda-tunda nikahnya. Atau kalo ada orang-orang yang lagi lomba nikah cepet, itu baru pas dinasihatin "ntar diduluin ama si Jadul, si Retro dll."

Kalo ternyata alasan orang gak nikah-nikah karena emang belum ketemu orang yang berniat ngelamar, ya gak pas dinasihatin kaya' nasihat-nasihat di atas. Lha wong dia aja lagi nunggu kok dinasihatin suruh cepet? Coba pikir, nyambungnya di mana?

Kalo saya yang ditanya sih, bisa aja njawab sambil ketawa ngakak trus lanjut ngisengin orang yang nanya. Lha kalo yang ditanya orang yang gampang kepikiran atau orang yang udah pengen banget nikah tapi belum ketemu jodoh juga, entuh nasihat cuman nyakitin tau!!

Saya punya nasihat ni buat Bapak, Ibu, Om, Tante, Kakak, Abang, Mas, Ayuk, Uni, kalo mau nasihatin orang soal kenapa gak nikah-nikah, tanya dulu latar belakang statusnya yang masih single sampe umur mateng gitu. Bisa aja, dia lagi kerja keras buat keluarganya jadi gak pengen nikah dulu. Atau dia belum punya cukup uang buat ngelamar anak orang atau belum yakin bisa menghidupi istrinya nanti.

Catat ya, Bapak, Ibu, Om, Tante, Kakak, Abang, Mas, Ayuk, Uni, kehidupan orang seperti apa, gak bisa cuman dilihat dari luar. Kenali dulu sepenuhnya, baru kasih nasihat. Percayalah, kalo udah kenal sepenuhnya, mungkin nasihatnya bakal lain. Mungkin nasihatnya bakal bukan tentang nikah. Karena setelah mengenal lebih jauh, bisa jadi ada hal-hal lain yang justru lebih penting untuk diperhatikan daripada sekedar nyuruh-nyuruh nikah.

Contohnya temen saya, cewek, umur 28 tahun, dia harus ngurus ibu dan tiga adeknya yang masih sekolah semua, makanya belum bisa memutuskan nikah. Karena dia kuatir kalo udah nikah, duitnya bakal kepake buat keperluannya sendiri. Kan orang berkeluarga itu ada aja kebutuhannya. Belom kalo udah punya anak sendiri. Banyak yang harus dipikirin. Trus dia juga nunggu calon suami yang bisa nerima dia dan keluarganya yang harus dibantu itu. Kalo belum ketemu calon suami yang seperti itu, dia mau apa coba?

Buanyaaaaakkk lho, alasan orang kenapa belum nikah. Jadi, jangan langsung ngasih nasihat yang intinya nyuruh cepet-cepet nikah.

Ini bukan berarti saya nolak ditanya lho, tanya aja, kasih nasihat aja, paling saya ketawain, hehehe....
Oke, Bapak, Ibu, Om, Tante, Kakak, Abang, Mas, Ayuk, Uni, sebelum menasihati orang, ingat dulu nasihat saya ya....


2 comments:

  1. Enyyyyyy.... Kapan kita ke PGC beli sepatu Buccheri? \(^.^)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayyyooookk, Mbaaaakkk.... Sekarang ajaaaa.... #eh ^o^

      Delete