Monday 8 October 2012

Sempat Ingin Meninggalkan Dunia (Maya) Blog

Blog?? Sempat mengagumi kata ini, karena aku bisa menulis apa saja, meng-upload apa saja, curhat apa saja, bahkan kalau mau, bisa mengumpat siapa saja. Tapi ternyata, setelah beberapa lama, aku bosan juga mengetik dan meng-upload, membaca dan mengedit, blogwalking dan ninggalin jejak, dan akhirnya, berniat menghentikan kegiatan yang berhubungan dengan blog. Dan sudah sembilan bulan tidak menulis, tidak membaca dan tidak melakukan apa pun yang berhubungan dengan blog. Sukses besar! Ditambah lagi, tiap membuka blog sendiri langsung eneg karena isinya terlalu macam-macam, tak ada fokus, topik pun berantakan, dan sebagainya yang membuat hati makin tidak puas.

Ketidakpuasan pada blog sendiri membuatku kembali pada jejaring sosial. Dulu sempat terpenjara juga dengan aktivitas di jejaring sosial ini. Banyak akun yang sudah kubuat di banyak jejaring sosial. Hanya dibuat, bermain-main sebentar, lalu biarkan saja. Bosan karena banyak status yang isinya tidak mengenakkan, membuat penasaran dan tidak nyaman membaca status yang tak jarang berisi umpatan.


Lalu apa yang membuatku kembali menulis, kembali blogwalking meskipun tidak meninggalkan jejak, kembali mencoba merapikan blog yang acak adul ini dan tentu saja kembali menyambangi jejaring sosial? Banyak faktor yang mengingatkanku pada dunia maya yang banyak mengubah hidupku, terutama perubahan ke arah yang lebih baik (menurutku) membuatku ingin kembali menyusuri dunia maya terutama blog, yang banyak memberiku pengetahuan dari pengalaman orang lain (yang mereka tulis dalam blog dan status di jejaring sosial).

Berikut adalah perubahan yang kualami dari pertama kali mengenal dunia maya:
  1.  Tidak akan pernah menulis status di jejaring sosial tentang ketidaksukaan pada seseorang. Karena tidak pernah nyaman tiap membaca status seperti ini yang dibuat oleh orang lain. 
  2. Tidak akan pernah membuat status yang isinya sakit atau keluhan. Ingat saja kalau mengeluh hanya menunjukkan kalau aku tidak pandai bersyukur. 
  3. Belajar menulis dengan baik dari banyak membaca blog orang dengan gaya tulisan yang beragam. Aku jadi bisa memilih gaya menulisku sendiri. 
  4. Belajar menghargai karya orang lain karena sesungguhnya tiap karya berasal dari berpikir, bukan sekedar main-main. 
  5. Jadi tahu kalau ternyata banyak orang yang multi talent di dunia ini. Jadi penyemangat untuk belajar lebih banyak lagi karena ternyata banyak yang bisa kulakukan dengan mencoba banyak hal. 
  6. Ingin berbagi pengalaman juga agar orang yang membaca tidak melakukan kesalahan yang sama (sok bijak yang ini mah). 
  7. Aku bisa belajar main gitar (yang ini efek samping aja karena ga bisa nyanyi, jadi pengen jadi pengiring gitu, tapi belum sukses juga).
Jadi, semoga nanti kalau aku punya anak, anak-anakku akan memanfaatkan dunia maya dengan laebih baik lagi, tak hanya main-main dengan hal-hal yang bertentangan dengan norma-norma terutama norma Agama. Dan semoga dunia maya tidak ‘mendekatkan yang jauh tetapi menjauhkan yang dekat’ melainkan ‘mendekatkan yang jauh dan makin merapatkan yang dekat’. Rapat silaturahim lho...
Good luck..

2 comments:

  1. welkambek!!!!!

    aku tetep mau misuh2 di jejaring sosial. hambar rasanya kalo nggak misuh. <<== jangan ditiru.

    ReplyDelete